Awal mula pengertian battery Lithium ion dalam penggunaan PLTS Tenaga Surya

Sejarah Battery Lithium Ion

Adalah Dacian Todea AKA Electrodocus, mantan electric engineer di Siemen automotive yang kali pertama membuat dan memperkenalkan ke publik Solar BMS (Battery Management System) khusus baterai lithium ion secara komersil pada tahun 2014 lewat situs crowdfunding Kickstarter.

Saya tidak mengenal Dacian secara pribadi tapi saya mengenal karya inovasinya lewat jejaring channel youtube sejak tahun 2011. Karena kala itu hanya 2 orang baterai DIYer yang aktif memposting secara profesional membuat custom Baterai pack Prismatic A123 20A dengan mengunakan custom PCB dan Plat baja. Satu orang berkebangsaan Korea dan Dacian warga negara Canada.

Pada tahun 2011- 2015 Buat pengemar PLTS yang ingin mengunakan Baterai Lithium sebagai energi storage pasti tahu dan mafhum betul sulitnya mencari SCC (solar Charges Controler) untuk baterai lithium beserta PCB BMS dengan fitur cell balanced. Walau sering lalu Lalang di Alibaba, Aliexpres, ebay, Amazon bahkan Tmall dan Taobao juga di jabanin dengan jurus google translated, Toh hasilnya Nihil. Waktu itu sulit sekali menemukan SCC buatan china yang memang didesain khusus untuk Baterai lithium ion, karena kebanyakan yang beredar di pasar adalah SCC untuk AKI lead acid dengan istilah yang nyeleneh “Floating”.

Tahun 2014 Dacian, melepas dahaga para pen-gila baterai lithium ion dengan merilis solar BMS lithium nya untuk pertama kali. Dimana perangkat cerdas itu sekaligus berfungsi sebagai SCC + BMS dengan fitur cell balance dilengkapi dengan LCD ditambah WIFI serta data logging. Tidak tanggung tangung seluruh jenis baterai lithium dan capacitor tersimpan dalam setting parameternya. SBMS seri lama memiliki beberapa type Solar BMS 40 – 60 – 100 – 120 hingga yang terakhir SBMS0. Pun SBMS buatannya terbilang mahal, toh dari 4 x campainnya di kickstarter selalu berakhir FUNDED dan SOLD OUT.

Untuk para pengemar PLTS , baterai DIYer dan Juru Ulik yang matanya berbinar binar kala melihat baterai laptop bekas dan masih menyimpan mimpi mulia untuk bikin powerwall sendiri , Saya merekomendasikan solar charges BMS ini untuk di coba selain harga yang tidak terlalu mahal fungsi dan fiturnya masih terbaik dikelasnya.

Harga termurah adalah SBMS0 sekitar 130 USD termasuk biaya pengiriman dari canada ke Indonesia.

Kelemahan :

1. Maksimum hanya 8S (24 Volt)
2. No Wifi
3. SBM S0 tidak memiliki internal power mosfe , jadi perlu tambahan DC-SSR (solid state relays) anda bisa bertanya dan berkomunikasi dengan innovatornya.

SBMS0 adalah lowcost version SBMS 40 dimana Data sheet untuk SBMS0 baru akan tersedia pada bulan Maret/April 2019

Anda bisa lihat datasheet seri terdahulunya di halaman websitenya :https://electrodacus.com/

Atau dapat membeli langsung SBMS nya di kickstarter :

Check Also

Battery deepcycle RITAR

BATTERY RITAR PENGGANTI TROJAN T105

Battery Ritar EV6-225 | Battery Trojan T105 Battery Ritar EV6-225 menjadi pengganti battery Trojan T105  …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *