Tips Memilih Baterai Panel Surya

Tips Memilih Baterai Panel Surya

 

Baterai terdiri dari 2 atau lebih sel elektrokimia yang merubah energi kimia tersimpan menjadi energi listrik. Dalam setiap baterai terdiri dari terminal positif dan negatif, serta elektrolit yang digunakan untuk penghantar. Output arus listrik ini terdiri dari baterai merupakan arus searah atau arus dc.

Setiap baterai lead acid merupakan tipe baterai yang sesuai untuk sistem panel surya. Hal ini jelas dikarenakan dengan menggunakan tipe battery Lead Acid, pengguna dapat memanfaatkan energi listrik yang tersimpan pada baterai ketika panel surya tidak mendapatkan sinar matahari. Begitu juga sebaliknya, saat ada matahari baterai akan diisi oleh panel surya.

Jenis jenis baterai lead acid :

  1. Aki otomotif

Aki ini adalah jenis baterai yang dirancang agar menghasilkan arus listrik dalam waktu singkat, sehinga dapat menyalakan mesin kendaraan. Dikarenakan penggunaan pelat tipis secara paralel, resistensi nya rendah dan permukaan luas, baterai ini tidak cocok jika digunakan dengan panel surya walaupun secara aplikasi masih dapat digunakan.

  1. Baterai Deep Cycle

Baterai ini adalah jenis baterai yang dirancang untuk menghasilkan arus listrik stabil dan dalam waktu lama. Baterai jenis ini memiliki ketahanan terhadap siklus pengisian, pelepasan, berulang ulang dan konstan.

Baterai ini memiliki 2 jenis yaitu baterai FLA dan baterai VRLA. Baterai FLA ini secara umum dikenal sebagai baterai basah, dikarenakan sel sel didalan aki terendam oleh cairan elektrolit agar berfungsi optimal. Sedangkan baterai VRLA sering disebut sebagai baterai kering. Baterai ini dirancang khusus agar cairan elektrolit tidak tumpah. Baterai ini memiliki katup ventilasi yang terbuka pada tekanan ekstrim untuk pembuangan gas hasil reaksi kimia.

Baterai VRLA memiliki2 jenis yaitu baterai VRLA AGM dan baterai VRLA Gel. Untuk baterai VRLA AGM ini memiliki pemisah yang terdiri dari fiberglass yang terletak diantara pelat pelat sel. Baterai VRLA Gel ini memiliki cairan elektrolit kental seperti agar agar.

Maka jenis baterai yang cocok untuk panel surya adalah :

Baterai deep cycle jenis VRLA AGM & VRLA Gel dimana baterai ini paling cocok dan paling banyak digunakan untuk sistem panel surya baik SHS, PJUTS, Pompa air tenaga surya, Lampu jalan tenaga surya, PLTS, Dll.

Alasan dalam pemakaian baterai deep cycle jenis VRLA AGM & VRLA Gel dikarenakan baterai ini memiliki ketahanan siklus pengisian, ketahanan penggunaan, anti tumpah, dan bebas perawatan.

Dibawah ini beberapa merk merk baterai yang kami sarankan (berdasarkan dengan pengalaman pemasangan) adalah :

  • Baterai VRLA AGM Panasonic
  • Baterai VRLA AGM Kayaba
  • Baterai VRLA AGM Panasonic
  • Baterai VRLA AGM Vision
  • Baterai VRLA AGM Safe Energy
  • Baterai VRLA AGM Enerrocket
  • Baterai VRLA AGM Rocket
  • Dll

Check Also

Spesifikasi Baterai UPS Merk CSB GP 12170

Spesifikasi Baterai UPS Merk CSB GP 12170

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada Pertanyaan?